RUBRIK PENILAIAN
KEMAMPUAN
MENYUSUN RPP MATA PELAJARAN
Nama Guru :
................................
Nama Sekolahan :
................................
Bidang Studi :
................................
Hari/Tanggal :
................................
No
|
Aspek Penilaian
|
Deskriptor
|
Skor
|
Komentar
|
1.
|
Identitas
mata pelajaran
|
·
Memuat dengan jelas dan
lengkap satuan pendidikan, kelas, semester, program keahlian, mata pelajaran
dan jumlah pertemuan
|
||
2.
|
Kesesuaian SK, KD
|
·
Rumusan
standar kompetensi (SK) dan KD sesuai
dengan standar Isi dan SKL
·
SK menggambarkan cakupan penguasaan pengetahuan, sikap dan
keterampilanlainnya
·
KD memuat semua kemampuan yang akan diperoleh peserta didik
·
Sesuai dengan konsep ilmu
·
SK dan KD selaras dengan
indikator
|
||
3
|
Indikator
|
·
Indikator menggunakan kata
kerja operasional yang terukur
·
Rumusan indikator berisi perilaku untuk mengukur tercapainya KD dan
alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi dan alokasi yang tersedia di
dalam silabus
·
Indikator memperhatikan perkembangan
ilmu, teknologi dan seni muktahir.
·
Sesuai dengan potensi,
kecerdasan, minat perkembangan peserta didik.
·
Pengembangan indikator
mengacu kepada keragaman potensi dan karateristik daerah.
|
||
4.
|
Tujuan Pembelaja-ran
|
·
Membuat proses dan
hasil.
·
Rumusan tujuan pembelajaran selaras
dengan KD
·
Rumusan tujuan pembelajaran
merupakan rincian/lebih spesifik dari KD
·
Tujuan Pembelajaran dikembangkan mengacu kepada
keseragaman potensi dan karateristik daerah.
·
Selaras dengan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni kemuktahiran
|
||
5.
|
Pengemb-angan mate-ri dan bahan ajar
|
·
Materi pembelajaran benar secara
teoritis
·
Materi dan konsep bahan
ajar bisa dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
·
Materi pembelajaran mendukung
pencapaian KD (Selaras dengan KD)
·
Materi
pembelajaran dijabarkan dalam bahan ajar secara memadai dan kontekstual
·
Materi pembelajaran
dirumuskan untuk meningkatkan iman dan takwa peserta didik
·
Merumuskan bahan ajar
sesuai dengan potensi, kecerdasan dan minat perkembangan peserta didik
·
Pengembangan berdasarkan
konteks keragaman potensi dan karateristik daerah
·
Materi dan bahan ajar
selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
kemuktahiran.
·
Materi dan bahan ajar
selaras dengan kondisi sosial budaya masyarakat
|
||
6.
|
Metode Pembelajar-an
|
·
Metode pembelajaran bervariasi
·
Tiap-tiap metode yang dicantumkan
benar-benar tercermin dalam langkah-langkah pembelajaran
·
Metode sesuai dengan tahap
perkembangan peserta didik
·
Metode pembelajaran harus
sesuai dengan indikator dan tujuan yang ingin dicapai.
|
||
7.
|
Langkah-langkah
Pembelajar-an
|
·
Pendahuluan berisi pengaitan kompetensi yang akan dibelajarkan dengan
konteks kehidupan siswa atau kompetensi sebelumnya.
·
Pendahuluan berisi
langkah-langkah pembelajaran yang meningkatkan iman dan takwa.
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran dan KD yang ingin dicapai kepada peserta didik.
·
Kegiatan inti dituliskan secara
rinci untuk menjabarkan tahapan pencapaian KD disertai alokasi waktu
·
Inti pembelajaran yang
dirancang berfokus pada siswa
·
Inti pembelajaran memberi kesempatan
siswa bekerja sama dengan teman atau berinteraksi dengan
lingkungan/masyarakat sekitar
·
Inti pembelajaraan
menggambarkan kegiatan yang interaktif,inspiratif, menyenangkan, menantang
dan memotivasi peserta didik.
·
Sesuai dengan penerapan
metode dan sumber ajar.
·
Inti pembelajaran memuat tahapan eksplorasi.
·
Inti pembelajaran memuat tahapan elaborasi
·
Inti pembelajaran memuat tahapan konfirmasi.
·
Penutup pembelajaran berisi
penyimpulan/ refleksi/ atau tindak lanjut (tugas pengayaan/ pemantapan)
·
Rumusan langkah-langkah pembelajaran
menggambarkan kegiatan dan materi yang akan dicapai.
·
Mengakhiri dengan doa sebagai wujud langkah-langkah pembelajaran yang meningkatkan iman dan
takwa.
|
||
8.
|
Sumber Belajar
|
·
Sumber belajar sesuai untuk
mendukung tercapainya KD.
·
Sumber
belajar bervariasi.
·
Menggunakan lingkungan
sebagai media belajar.
·
Memanfaatkan teknologi
informasi sebagai sumber belajar.
·
Metodenya variatif
pendekatan inovatif.
|
||
9.
|
Penilaian
|
·
Alat
penilaian sesuai dan mencakup seluruh indikator.
·
Menggunakan tes, nontes, lisan,
tulisan, pengamatan kinerja, hasil karya/tugas, proses, produk, penilaian
sikap, fortopolio dan penilaian diri.
·
Rubrik/pedoman
penyekoran/kunci jawaban dicantumkan secara jelas dan tepat.
·
Remedial.
·
Alat Penilaian Remedial.
|
||
TOTAL SKOR
|
Catatan
Kelebihan/Kekurangan
|
Kriteria Penilaian
Setiap
munculnya deskriptor secara
sempurna mendapat skor 2
Deskripor yang
muncul, namun kurang sempurna mendapat skor 1 dan tidak munculnya deskriptor
mendapat skor 0.
Skor
maksimal 50 x 2 = 100
Nilai =
x 100
.................. , ………..
Penilai
.........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
chat here