RUBRIK PENILAIAN RPP

RUBRIK PENILAIAN
KEMAMPUAN MENYUSUN RPP MATA PELAJARAN

Nama Guru                : ................................
Nama Sekolahan      : ................................
Bidang Studi            : ................................
Hari/Tanggal            : ................................

No
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
Komentar
1.
Identitas
mata pelajaran
·           Memuat dengan jelas dan lengkap satuan pendidikan, kelas, semester, program keahlian, mata pelajaran dan jumlah pertemuan


2.            
Kesesuaian SK, KD
·         Rumusan standar kompetensi  (SK) dan KD sesuai dengan standar Isi dan SKL
·         SK menggambarkan cakupan penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilanlainnya
·         KD memuat semua kemampuan yang akan diperoleh peserta didik
·         Sesuai dengan konsep ilmu
·         SK dan KD selaras dengan indikator


3
Indikator
·         Indikator menggunakan kata kerja operasional yang terukur
·         Rumusan indikator berisi perilaku untuk mengukur tercapainya KD dan alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi dan alokasi yang tersedia di dalam silabus
·         Indikator memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi dan seni muktahir.
·         Sesuai dengan potensi, kecerdasan, minat perkembangan peserta didik.
·         Pengembangan indikator mengacu kepada keragaman potensi dan karateristik daerah.


4.
Tujuan Pembelaja-ran
·         Membuat proses dan hasil.
·         Rumusan tujuan pembelajaran selaras dengan KD
·         Rumusan tujuan pembelajaran merupakan rincian/lebih spesifik dari KD
·         Tujuan  Pembelajaran dikembangkan mengacu kepada keseragaman potensi dan karateristik daerah.
·         Selaras dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni kemuktahiran


 5.
Pengemb-angan mate-ri dan bahan ajar
·         Materi pembelajaran benar secara teoritis
·         Materi dan konsep bahan ajar bisa dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
·         Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
·         Materi pembelajaran dijabarkan dalam bahan ajar secara memadai dan kontekstual
·         Materi pembelajaran dirumuskan untuk meningkatkan iman dan takwa peserta didik
·         Merumuskan bahan ajar sesuai dengan potensi, kecerdasan dan minat perkembangan peserta didik
·         Pengembangan berdasarkan konteks keragaman potensi dan karateristik daerah
·         Materi dan bahan ajar selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni kemuktahiran.
·         Materi dan bahan ajar selaras dengan kondisi sosial budaya masyarakat



6.
Metode Pembelajar-an
·         Metode pembelajaran bervariasi
·         Tiap-tiap metode yang dicantumkan benar-benar tercermin dalam langkah-langkah pembelajaran
·         Metode sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik
·         Metode pembelajaran harus sesuai dengan indikator dan tujuan yang ingin dicapai.



7.
Langkah-langkah Pembelajar-an
·         Pendahuluan berisi pengaitan   kompetensi yang akan dibelajarkan dengan konteks kehidupan siswa atau kompetensi sebelumnya.
·         Pendahuluan berisi langkah-langkah pembelajaran yang meningkatkan iman dan takwa.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan KD yang ingin dicapai kepada peserta didik.
·         Kegiatan inti dituliskan secara rinci untuk menjabarkan tahapan pencapaian KD disertai alokasi waktu
·         Inti pembelajaran yang dirancang  berfokus pada siswa
·         Inti pembelajaran memberi kesempatan siswa bekerja sama dengan teman atau berinteraksi dengan lingkungan/masyarakat sekitar
·         Inti pembelajaraan menggambarkan kegiatan yang interaktif,inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik.
·         Sesuai dengan penerapan metode dan sumber ajar.
·         Inti pembelajaran memuat tahapan eksplorasi.
·         Inti pembelajaran memuat tahapan elaborasi
·         Inti pembelajaran memuat tahapan konfirmasi.
·         Penutup pembelajaran berisi penyimpulan/ refleksi/ atau tindak lanjut (tugas pengayaan/ pemantapan)
·         Rumusan langkah-langkah pembelajaran menggambarkan kegiatan dan materi yang akan dicapai.
·         Mengakhiri dengan doa sebagai wujud langkah-langkah pembelajaran yang meningkatkan iman dan takwa.



8.
Sumber Belajar
·         Sumber belajar sesuai untuk mendukung tercapainya KD.
·         Sumber belajar bervariasi.
·         Menggunakan lingkungan sebagai media belajar.
·         Memanfaatkan teknologi informasi sebagai sumber belajar.
·         Metodenya variatif pendekatan inovatif.


9.
Penilaian
·         Alat penilaian sesuai  dan mencakup seluruh indikator.
·         Menggunakan tes, nontes, lisan, tulisan, pengamatan kinerja, hasil karya/tugas, proses, produk, penilaian sikap, fortopolio dan penilaian diri.
·         Rubrik/pedoman penyekoran/kunci jawaban dicantumkan secara jelas dan tepat.
·         Remedial.
·         Alat Penilaian Remedial.


TOTAL SKOR



Catatan Kelebihan/Kekurangan






Kriteria Penilaian
Setiap munculnya  deskriptor secara sempurna  mendapat skor  2
Deskripor yang muncul, namun kurang sempurna mendapat skor 1 dan tidak munculnya deskriptor mendapat skor 0.

Skor maksimal  50 x 2 = 100

Nilai =        x 100
                                                                                             .................. , ………..
                                                                                                          Penilai

                                                                                            .........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

chat here

Cara Nonton dan Donwload Film Layar Kaca21/LK21

                                 sebelum agan2 nonton atau download Film. Perhatikan hal2 berikut.  1. jika nonton melalui google a...