Pengertian Manajemen
Secara sederhana manajemen adalah apa yang di lakukan oleh
menejer. Penjelasan lebih
jauh tentang manajemen dan peroses mengorganisasikan aktivitas-aktivitas kerja
sehingga dapat selesai secara efesien dan efektif dengan dan melalui orang lain.
a. Manajemen sebagai
suatu peroses
b. manajemen
sebagai koletivitas orang yang melakukan aktivitas manajemen
c. manajemen sebagai seni dan ilmu pengetahuan
"Manajemen adalah proses untuk mencapai
tujuan - tujuan organisasi dengan melakukan kegiatan dari empat fungsi utama yaitu merencanakan (planning), mengorganisasi (organizing), memimpin (leading) dan mengendalikan (controlling). Dengan
demikian, manajemen adalah sebuah kegiatan yang berkesinambungan ".
"Manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota
organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya.Meski
ditemukan pengertian manajemen atau administrasi yang beragam, baik yang
bersifat umum maupun khusus tentang kependidikan, namun secara esensial dapat
ditarik tentang pengertian manajemen pendidikan, bahwa:
(1) manajemen pendidikan merupakan suatu kegiatan
(2) manajemen pendidikan memanfaatkan berbagai sumber daya
(3) manajemen pendidikan berupaya untuk mencapai tujuan
tertentu
Anggota lain juga memberikan definisi yang
kurang lebih sama.Gibson, Donelly, dan vancevich (1996) menyebutkan manajemen adalah proses yang
dilakukan seorang atau beberapa orang untuk mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk mencapai hasil yang tidak dapat dicapai oleh orang itu sendiri.
Peran Manajeme
Peran
manajemen di sini dapat dilihat dari peran seorang manajer dalam organisasi.Organisasi dan manajemen adalah 2 bidang yang terkait erat Organisasi untuk berhasil.membutuhkan
manajemen yang baik, dan manajemen tersebut dikelola oleh seorang manajer. Organisasi adalah sekelompok
orang-orang yang memiliki tujuan yang sama.
1. Peran antar pribadi: Peran-peran yang
melibatkan kegiatan-kegiatan
simbolis (fig head), pemimpin, dan penghubung.
2. Peran informasi: peran yang
meliputi kecepatan-kecepatan memantau
menyebarkan, dan juru bicara
3. Peran memutuskan: Peran yang meliputi
kewirausahawan, penanganan
gangguan,pengalokasi sumber daya.
Ringkasan materi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
chat here