Pada umumnya manajemen dibagi menjadi beberapa
fungsi, yaitu merencanakan, mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan
kegiatan dalam rangka usaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara
efektif dan efisien. Henry Fayol mengusulkan bahwa semua manejer paling tidak
melaksanakan lima fungsi manajemen, yakni merancang, mengorganisasi,
memerintah, mengkoordinasikan, dan mengendalikan.
A. Fungsi
manajemen menurut Henry Fayol sebagai berikut :
1.
Perencanaan.
Perencanaan
dapat diartikan sebagai suatu proses untuk menentukan tujuan serta sasaran yang
ingin dicapai dan mengambil langkah-langkah strategis guna mencapai tujuan
tersebut. Melalui perencanaan seorang manejer akan dapat mengetahui apa saja
yang harus dilakukan dan bagPengorganisasian.
Pengorganisasian
merupakan proses pemberian pemerintah, pengalokasian sumber daya serta
pengaturan kegiatan secara terordinir kepada setiap individu dan kelompok untuk
menerapkan rencanaaimana cara untuk melakukannya.
Pengarahan
adalah proses untuk menumbuhkan semangat (motivation) pada karyawan agar dapat
bekerja keras dan giat serta membimbing mereka dalam melaksanakan rencana untuk
mencapai tujuan yang efektif dan efisien.
2.
Pengendalian
Bagian terakhir dari
proses manajemen adalah pengendalian (kontrolling). Pengendalian dimaksudkan
untuk melihat apakah kegiatan organisasi sudah sesuai dengan rencana
sebelumnya.
B. Fungsi
manajemen menurut Geogre Terry :
Terry mendefinisikan manajemen dalam buku Principles of Management yaitu suatu proses
yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengawasan
dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni demi mencapai tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya
1.
Perencanaan (planning)
2.
Pengorganisasian (organization)
3.
Penggerakan (actuating)
4.
Pengawasan (controlling)
C.
Fungsi Manajemen Menurut
Luther Gullick
Fungsi Manajemen menurut luther Gullick, terdiri dari
:
1.
Planning (Perencanaan)
2.
Organ Staffing (Penyusunan
pegawai)
3.
izing (Pengorganisasian)
4.
Directing (Pengarahan)
5.
Directing (Pengarahan)
6.
Reporting (Pelaporan)
7.
Budgeting ( Pembuatan
Anggaran)
8.
Controlling (Pengawasan)
Ringkasan Materi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
chat here