Rabu, 18 November 2015

FUNGSI MANAJEMEN

    Pada umumnya manajemen dibagi menjadi beberapa fungsi, yaitu merencanakan, mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan kegiatan dalam rangka usaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien. Henry Fayol mengusulkan bahwa semua manejer paling tidak melaksanakan lima fungsi manajemen, yakni merancang, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasikan, dan mengendalikan.

A.      Fungsi manajemen menurut Henry Fayol sebagai berikut :

1.         Perencanaan.
       Perencanaan dapat diartikan sebagai suatu proses untuk menentukan tujuan serta sasaran yang ingin dicapai dan mengambil langkah-langkah strategis guna mencapai tujuan tersebut. Melalui perencanaan seorang manejer akan dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan bagPengorganisasian.
             Pengorganisasian merupakan proses pemberian pemerintah, pengalokasian sumber daya serta pengaturan kegiatan secara terordinir kepada setiap individu dan kelompok untuk menerapkan rencanaaimana cara untuk melakukannya.
         Pengarahan adalah proses untuk menumbuhkan semangat (motivation) pada karyawan agar dapat bekerja keras dan giat serta membimbing mereka dalam melaksanakan rencana untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

2.         Pengendalian
Bagian terakhir dari proses manajemen adalah pengendalian (kontrolling). Pengendalian dimaksudkan untuk melihat apakah kegiatan organisasi sudah sesuai dengan rencana sebelumnya.

B.      Fungsi manajemen menurut Geogre Terry :
           Terry mendefinisikan manajemen dalam buku  Principles of Management yaitu suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya 
1.         Perencanaan (planning)
2.         Pengorganisasian (organization)
3.         Penggerakan (actuating)
4.         Pengawasan (controlling)


C.      Fungsi Manajemen Menurut Luther Gullick
  Fungsi Manajemen menurut luther Gullick, terdiri dari :
1.      Planning  (Perencanaan)
2.      Organ Staffing (Penyusunan pegawai)
3.      izing (Pengorganisasian)
4.      Directing (Pengarahan)
5.       Directing (Pengarahan)
6.      Reporting (Pelaporan)
7.      Budgeting ( Pembuatan Anggaran)
8.      Controlling  (Pengawasan)




                                                      
                                                   Ringkasan Materi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

chat here

Cara Nonton dan Donwload Film Layar Kaca21/LK21

                                 sebelum agan2 nonton atau download Film. Perhatikan hal2 berikut.  1. jika nonton melalui google a...